Header Ads

Beriklan

Relaks

Relaks atau relaksasi artinya santai. Santai adalah kondisi yang nyaman dan menentramkan hati. Setiap orang mendapat kenikmatan Alloh yang satu ini. Kapan manusia relaks? Relaks dialami manusia sesaat sebelum tidur, sesudahnya adalah kondisi tidur yang saya sebut dengan super relaks.
Kenikmatan relaks dapat tercerabut dalam diri manusia apabila sesorang mengalami gangguan pikiran yang berdampak munculnya gelisah dan tidak tenteram. Itu semua bisa diakibatkan suatu stres walaupun kecil. Stres kecil berupa kondisi seseorang sedang serius akan suatu hal.





Bagaimana kita dapat memperoleh relaks kapanpun kita mau?

Anda dapat menghipnosis diri untuk memperoleh kondisi relaks sekaligus mendapatkan penyembuhan atas stres yang telah anda alami. Caranya, pertama siapkan diri anda di suatu tempat yang anda bisa duduk atau berbaring, di manapun yang memungkinkan bagi anda untuk melakukannya. Ingat! Hindari melakukan ini saat anda mengendarai kendaraan atau sedang menjalankan mesin. Kedua, pejamkan mata anda dan katakan dalam hati, "Tarik napas yang dalam dari hidung dan keluarkan lewat mulut" sambil anda melakukannya. Ulangi tiga kali. Ketiga, katakan lagi dalam hati, "Setiap tarikan napas yang kulakukan membuat aku semakin relaks dan semakin relaks. Dan, aku akan menghitung mundur dari tiga ke satu, pada hitungan kesatu aku mendapat relaks sedalam-dalamnya, tiga... dua... dan satu". Keempat, bayangkan diri anda berendam di sebuah kolam berisi air yang sangat bening dan sejuk. Rasakan sensasinya di pikiran anda dengan jelas dan nyata. Rasakan sensasi sejuk dan menentramkan mejadi berpuluh-puluh kali lipat. Lalu nikmati, suasananya beberapa detik. Kelima, persiapkan diri anda untuk membuka mata dan katakan dalam hati, "Aku akan menghitung dalam hati dari satu sampai tiga, pada hitungan ketiga aku membuka mata dan menjadi sehat dan bersemangat. Satu... dua... dan, tiga". Lalu, buka mata anda.

Tips self hypnosis di atas dapat anda lakukan dengan waktu antara 7 sampai 10 menit. Beri tahu orang lain bila perlu apabila anda tidak ingin terganggu saat anda menikmati relaksasi tersebut. 

Itulah cara sederhana yang dapat anda coba untuk mendapatkan relaks kapanpun dan di manapun anda membutuhkannya. Selamat mencoba!



Tidak ada komentar

wa