Hipnotis Anak yang Susah Makan

Siapa sih yang tidak kesal menjumpai anaknya ogah-ogahan makan? Apalagi ibu-ibu atau babby sitter yang sudah repot-repot menyiapkan makan buat si kecil, tapi ternyata si kecil tidak mau membuka mulut ketika disuapi. Anak yang susah makan demikian ini adalah yang wajar. Barangkali ia tidak menyukai atau tidak nyaman dengan rasa, warna, suhu, atau tekstur makanan. Jadi, alangkah baiknya ibu atau babby sitter mencari tahu apa penyebab anak tidak mau makan tersebut.

Namun, apabila ibu atau babby sitter tidak menemukan penyebabnya, barangkali bisa mencoba teknik hipnosis sederhana buat anak yang susah makan tersebut. Apakah saya mungkin bisa melakukannya? Kan saya bukan ahli hipnotis? Pada dasarnya teknik hipnosis ini bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan memahami caranya.

Ada dua teknik hipnosis yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi anak yang susah makan. Pertama dengan menggunakan teknik hipnosis tak langsung (indirect). Kedua, dengan menggunakan teknik hipnosis langsung (direct). Kedua teknik ini dapat dilakukan agar saling melengkapi dan berhasil.

Teknik Hipnosis Tak Langsung (Indirect)
Pertama-tama anda harus mengenal karakter anak tersebut, kesukaannya dan apa yang dibencinya. Misal dia menyukai tokoh film tertentu. Katakan kepada anak itu setiap saat bahwa tokohnya itu nampak hebat karena selalu menjaga kesehatan, salah satunya dengan makan yang teratur. Anda juga dapat mendramatisirnya seolah-olah tokoh tersebut adalah sosok yang doyan makan sehingga sehat dan hebat dan layak diimitasi (ditiru) oleh si anak. Namun demikian, Anda jangan sampai salah memilih tokoh, misal tokoh yang tidak dikenalnya atau tokoh yang tidak disukainya. Lakukan hal itu terus menerus dan ganti cara atau bahasa lain agar 'pesan' mudah ditangkap oleh si anak. Anda dapat mengkreasinya sendri sesuai dengan daya cipta dan improvisasi Anda.

Teknik Hipnosis Langsung (Direct)
Teknik ini dibutuhkan kemampuan berbicara yang baik dan terstruktur. Bila perlu, sebelum anda menerapkannya, Anda menuliskannya terlebih dahulu untuk dihafal atau diketahui garis besar pesan sugesti yang akan disampaikan.
Berikut langkah-langkah teknik hipnosis langsung:
1. Saat anak baru saja tertidur, sentuhlah badannya atau dahinya atau anggota badan lainnya namun jangan sampai membuat anak terbangun.

2. Setelah anak bereaksi dengan mmenggerakkan tubuhnya, alisnya, bibirnya, atau anggota tubuh lainnya, persiapkan diri Anda untuk berbisik ke salah satu telinganya.

3. Ucapkan sugesti sederhana, misalnya dengan kalimat, "Mulai sekarang kamu suka dengan makanan. Ketika lapar kamu merasa ingin makan. Makanlah secukupnya yang membuat kamu sehat". Ulangi sugesti anda minimal 3 kali.

4. Lakukan hal tersebut secara rutin selama beberapa hari. Dan, lihatlah hasilnya. 



No comments

Powered by Blogger.