Stage Hypnosis (Hipnosis Panggung)

Stage hypnosis atau dapat juga disebut hipnosis panggung adalah suatu kegiatan hipnosis yang bertujuan untuk hiburan semata. Biasanya stage hypnosis ini menjadi salah satu mata acara yang menarik sehingga layak ditayangkan di televisi. Banyak praktisi hipnosis yang telah tampil memukau di televisi, antara lain Romy Rafael (Master Hipnotis -RCTI, The Master -RCTI, Sugesti Rafael -Indosiar), Uya Kuya (Uya Emang Kuya -SCTV, Suka-suka Uya -MNCTV), Ferdian (YKS, Yuk Keep Smile -TransTV), dan Deny Darko (Campur-campur -ANTV) serta yang tak kalah menghebohkan hipnosis dingin versi Deddy Corbuzier (The Next Mentalis -Trans7).

Ada banyak ragam perlakuan/permainan dalam stage hypnosis. Umumnya mereka (para hipnotis) memakai prosedur standar dalam melakukan hipnosis, meliputi pre-induction, induction, deepening, sugestion, dan termination. Pola ini selalu diperhatikan oleh mereka agar aksi hipnosis dapat berlangsung sempurna.

Stage hypnosis yang tayang di televisi permainannya nampak bervariasi. Romy Rafael: orang yang dihipnosis menjadi lupa sesuatu, merasakan sensasi rasa yang tak nyata, dan variasi permainan yang diterapkannya terbanyak dibanding yang lain). Uya Kuya: Orang yang dihipnosis dibuat relaks dan dapat menyampaikan uneg-uneg sekaligus mengekspresikan perasaannya. Ferdian: orang yang dihipnosis berubah menjadi karakter orang lain. Deny Darko: hampir mirip dengan permainan Ferdian. Deddy Corbuzier: orang yang dihipnosis dibuat tidak dapat bergerak, merasakan sensasi dingin)

Sebenarnya, aksi mereka merupakan aksi hipnosis yang ilmiah. Kesan tak ilmiah yang muncul pada pemirsa televisi hanyalah efek atau respon dari kemasan acara yang terkadang dibumbui oleh permainan/trik sulap yang tidak dapat diterima oleh akal sehat. Sebagiannya adalah kecurigaan pelibatan artis dalam permainan tersebut sehingga muncul anggapan bahwa barangkali hipnosis tersebut hanya sebatas memanfaatkan kemampuan akting artis. Percaya atau tidak, hipnosis panggung (stage hypnosis) yang mereka mainkan benar-benar fenomena hipnosis dan bukan rekayasa. Namun demikian, aksi hipnosis yang mereka lakukan tentu telah melalui tahap rencana terlebih dahulu sebelum dimainkan secara live.



_________________
Sultan Budi Lenggono, Pusat belajar hipnotis di Solo dan Klinik Hipnoterapi di Solo
Pelatihan hipnotis murah berkualitas dan Hypnoparenting
Klinik hipnoterapi modern dan profesional


Diberdayakan oleh Blogger.