Gelar Hypnotist dan Sejenisnya

Gelar non-akademis banyak kita jumpai di Indonesia seperti Haji (H), Hajjah (Hj), Raden Ajeng (RA), dan Kanjeng Raden Mas Tumenggung (KRMT). Gelar non-akademik juga banyak dijumpai di dunia hipnosis sekarang ini, antara lain CH, CHt, dan MCH. Tentu saja, gelar seperti ini sudah tak asing lagi di telinga para praktisi hipnosis atau hipnoterapi, sebagaimana Sultan Budi Lenggono yang memiliki gelar CHt dan MCH.


CH atau Certified Hypnotist adalah gelar yang disematkan oleh orang yang telah menguasai ilmu hipnotis secara formal melalui pelatihan-pelatihan hipnotis dari lembaga/organisasi hipnotis yang memiliki legalitas formal nasional atau internasional, seperti Hypnocare Indonesia. CHt atau Certified Hipnotherapist dan CCHt (Certified Clinical Hypnotherapist) adalah gelar bagi seseorang yang telah menguasai hipnoterapi. Adapun MHt atau Master of Hypnotherapy adalah gelar tertinggi bagi praktisi hipnotis dan hipnoterapi di Indonesia yang dikeluarkan oleh Hypnocare Indonesia. Oleh Hypnocare Indonesia, seseorang bergelar CCHt dapat memperoleh Surat Izin resmi untuk membuka/mendirikan klinik praktik hipnoterapi di seluruh wilayah di Indonesia dengan syarat tertentu.


Sultan Budi Lenggono bersama Hypnocare Indonesia membuka pelatihan hipnoterapi profesional setiap bulan di kota Solo dan Yogya. Melalui pelatihan ini, telah diluluskan orang-orang yang meminati bidang hipnosis dan telah memperoleh gelar CH, CHt, maupun CCHt. Secara umum, para alumni telah merasakan manfaat dalam menguasai ilmu hipnosis. Banyak di antaranya yang menerapkan ilmunya di bidang pendidikan, kebidanan, terapi, marketing, kesehatan, dan kepelatihan.





No comments

Powered by Blogger.