Apa itu Hipnoterapi?

Hipnoterapi adalah upaya penyembuhan gangguan atau masalah yang bersumber dari psikologis (kejiwaan) dengan pendekatan hipnosis. Jika anda belum memahami apa itu hipnosis, silakan baca di sini. Anda juga perlu membaca tentang hipnoterapi klinis. Gangguan atau masalah psikologis yang dimaksud antara lain:

1. Stres (tertekan)
2. Depresi
3. Takut, panik, cemas
4. Perasaan mau meninggal
5. Fobia (phobia)
6. Maag karena psikosomatik (dan sejenisnya, bisa berupa sesak napas, dll)
7. Disfungsi ereksi
8. Sulit konsentrasi, sulit mengingat
9. Kecanduan (rokok, makan, dll)
10. Sulit tidur (insomnia)
11. Rendah diri (tidak percaya diri)
12. Demam panggung
13. Nafsu rendah (makan, seks, kurang semangat, dll)
14. Emosional
15. dan lain-lain


Bagaimana sebenarnya proses hipnoterapi?
Dalam hipnoterapi, seseorang harus dalam kondisi rileks atau tidur hipnosa. Ada istilah tidur dalam setiap momen hipnosis. Kata 'tidur' di sini bermaksud untuk membuat seseorang rileks atau tidur hipnosa. Bukan tidur yang sebenarnya. Hal ini bermaksud untuk mengalihkan konsentrasi seseorang terhadap lingkungan eksternal menuju ke konsentrasi internal diri seseorang yang dihipnosis/dihipnoterapi. Di Hipnoterapi Solo bersama Sultan Budi Lenggono dan rekan, tentu juga memiliki metode serupa, bahkan terkadang tidak memerlukan kondisi tidur karena menggunakan konsep hipnoterapi modern. Untuk mengetahui proses hipnoterapi, silakan baca di sini.

Mengapa saat akan menghipnosis, penghipnotis sering menggunakan istilah tidur?
Hal ini dikarenakan seseorang yang dihipnosis diminta untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh. Kalimat yang singkat dan efektif adalah tidur. Sebenarnya, seseorang justru diminta untuk memfokuskan pikiran pada satu kesadaran, agar dapat digunakan untuk kepentingan psikoterapi, hiburan panggung, pengalihan nyeri, dan sebagainya.

Apakah hipnosis dapat menyegarkan tubuh dan pikiran?
Ya. Hipnosis akan menimbulkan efek parasimpatis yang mirip pada fase NREM (Non Rapid Eye Movement) tahap 1-2. Seseorang akan merasa segar dan merasakan perasaan positif. Namun, akan menjadi pusing saat seseorang yang dihipnosis terbangun tiba-tiba tapi masih dalam kondisi mirip fase NREM 3-4. Mungkin ada beberapa hipnotis dan hipnoterapis yang masih belum memahami fase ini sehingga terlalu cepat ingin membangunkan klien atau orang yang dihipnosisnya.

Untuk memahami REM dan NREM, silakan lanjut baca di sini.
Jika Anda ingin mengetahui tata cara mendaftar hipnoterapi di tempat kami, silakan baca di sini.



_________________
Sultan Budi Lenggono, Pusat belajar hipnotis di Solo dan Klinik Hipnoterapi di Solo
Pelatihan hipnotis murah berkualitas dan Hypnoparenting
Klinik hipnoterapi modern dan profesional


Diberdayakan oleh Blogger.